Jumat, 06 Mei 2016

LIMA BELAS DOA KLASIK KEPADA ALLAH ROH KUDUS


Hari ini kita umat Katolik bisa memulai Novena Roh Kudus.

Mungkin, bagi banyak orang Katolik, Allah Roh Kudus adalah Pribadi yang paling jarang kita panggil nama-Nya. Ini bisa jadi karena kita hanya tahu Novena Roh Kudus yang panjang, dan tidak tahu doa-doa klasik kepada Roh Kudus yang lebih pendek namun tak kalah indah.

Berdoa kepada Roh Kudus tentu saja dapat dilakukan di luar Hari Raya Pentakosta. Bahkan kita dapat mendaraskan, misalnya, Doa Penyerahan Diri kepada Roh Kudus, setiap memulai hari supaya jalan dan pikiran kita selalu diterangi oleh-Nya.

Berikut adalah sekelumit harta karun kekayaan doa Gereja Katolik, yaitu lima belas doa klasik kepada Roh Kudus

1) DOA MOHON TUJUH KARUNIA ROH KUDUS

Datanglah, ya Roh Hikmat, turunlah atas diri kami, ajarlah kami menjadi orang bijak terutama agar kami dapat menghargai, mencintai, dan mengutamakan cita-cita surgawi; dan semoga kami Kaulepaskan dari belenggu dosa dunia ini.

Datanglah, ya Roh Pengertian, turunlah atas diri kami. Terangilah akal budi kami, agar dapat memahami ajaran Yesus, Sang Putera, dan melaksanakannya dalam hidup sehari-hari.

Datanglah, ya Roh Nasihat, dampingilah kami dalam perjalanan hidup yang penuh gejolak ini; semoga kami selalu melakukan yang baik dan menjauhi yang jahat.

Datanglah, ya Roh Keperkasaan, kuatkanlah hamba-Mu yang lemah ini, agar tabah menghadapi segala kesulitan dan derita. Semoga kami Kaukuatkan dengan memegang tangan-Mu yang senantiasa menuntun kami.

Datanglah, ya Roh Pengenalan akan Allah. Ajarlah kami mengetahui bahwa semua yang ada di dunia ini sifatnya sementara saja. Bimbinglah kami, agar tidak terbuai oleh kemegahan dunia. Bimbinglah kami, agar dapat menggunakan hal-hal duniawi untuk kemuliaan-Mu.

Datanglah, ya Roh Kesalehan, bimbinglah kami untuk terus berbakti kepada-Mu. Ajarilah kami menjadi orang yang tahu berterima kasih atas segala kebaikan-Mu; dan berani menjadi teladan kesalehan bagi orang-orang di sekitar kami.

Datanglah, ya Roh Takut akan Allah, ajarilah kami untuk takut dan tunduk kepada-Mu di mana pun kami berada; tegakkanlah kami agar selalu berusaha melakukan hal-hal yang berkenan kepada-Mu.

*

2) DOA PENYERAHAN DIRI KEPADA ROH KUDUS
(St. Agustinus dari Hippo)

Berhembuslah dalam diriku, ya Roh Kudus,
agar segala pikiranku kudus.
Bertindaklah dalam diriku, ya Roh Kudus,
agar karyaku juga kudus.
Tariklah hatiku, ya Roh Kudus,
agar aku mencintai hanya yang kudus.
Teguhkanlah aku, ya Roh Kudus,
agar aku memperjuangkan segala yang kudus.
Peliharalah aku, ya Roh Kudus,
agar aku senantiasa kudus.

Amin.

*

3) DOA MOHON PERSATUAN DENGAN ROH KUDUS
(Santo Pius X)

Ya Roh Kudus, Cahaya dan Kasih,
kepada-Mu kupersembahkan hati, pikiran, dan kehendakku,
sekarang dan selamanya.

Semoga aku dapat lebih peka pada wahyu dari Tuhan,
dan pada pengajaran Gereja Katolik yang kudus,
di mana Engkaulah pemandu yang tidak dapat salah.

Semoga hatiku senantiasa berkobar
oleh kasih terhadap Allah dan kasih terhadap sesama.

Semoga kehendakku senantiasa selaras dengan Kehendak Ilahi.

Semoga hidupku dengan setia meneladani
kehidupan dan kebajikan Tuhan dan Penyelamatku, Yesus Kristus.

Kepada-Nya, bersama dengan Bapa,
dan Engkau, Roh Ilahi,
segala hormat dan kemuliaan selama-lamanya.

Amin.

*

4) DOA MOHON ROH KUDUS TETAP TINGGAL DI DALAM HATI
(St. Agustinus dari Hippo)

Ya Roh Kudus, Penasihat yang penuh kuasa, pengikat yang kudus antara Bapa dan Putera, harapan bagi mereka yang bersedih. Turunlah dalam hatiku dan tinggallah di dalamnya, nyalakan jiwaku yang nyaris padam dengan Kasih-Mu, agar aku dapat sepenuhnya menjadi milik-Mu. Aku percaya, bila engkau tinggal di dalam aku, Engkau juga akan menyiapkan tempat tinggal bagi Bapa dan Putera.

Oleh karenanya, berkenanlah datang kepadaku, Penasehat jiwa-jiwa yang ditinggalkan, Pelindung mereka yang membutuhkan. Bantulah aku dalam kelemahan dan dukunglah aku dalam kegoyahanku. Datang dan sucikan diriku, semoga Iblis tidak berniat memiliki diriku.

Engkau mengasihi yang bersahaja, dan menyingkirkan yang sombong. Datanglah kepadaku, kemuliaan orang yang hidup dan harapan orang mati. Tuntunlah diriku dengan karunia kasih-Mu, agar aku dapat senantiasa menyenangkan hati-Mu. Amin.

*

5) DATANGLAH, YA ROH KUDUS (VENI SANCTE SPIRITUS)

Datanglah, ya Roh Kudus, penuhilah hati umat-Mu dan nyalakanlah di dalamnya api cinta-Mu.

V. Utuslah Roh-Mu, maka segala sesuatu akan diciptakan lagi.
R. Dan Engkau akan membaharui muka bumi.

Marilah berdoa:

Ya Allah, Engkau telah mengajar hati umat-Mu dengan terang Roh Kudus. Berilah supaya dalam Roh yang sama ini, kami senantiasa berpikir benar dan bijaksana, serta selalu gembira karena lipuran-Nya. Demi Kristus, Tuhan kami. Amin.

*

VERSI BAHASA LATIN:

Veni, Sancte Spiritus, reple tuorum corda fidelium: et tui amoris in eis ignem accende.

V. Emitte Spiritum tuum, et creabuntur.
R. Et renovabis faciem terrae.

Oremus:
Deus, qui corda fidelium Sancti Spiritus illustratione docuisti: da nobis in eodem Spiritu recta sapere; et de eius semper consolatione gaudere. Per Christum Dominum nostrum. Amen.

*

6) KEPADA ROH KUDUS MELALUI MARIA

Ya Roh Kudus, Roh Ilahi! Melalui perantaraan Santa Perawan Maria, mempelai-Mu, anugerahkanlah kepenuhan karunia-Mu ke dalam hati kami. Dengan penghiburan dan penguatan dari-Mu, semoga kami dapat hidup sesuai dengan Kehendak-Mu, dan meninggal dalam puji-pujian akan Kerahiman-Mu. Demi Kristus, Tuhan kami. Amin.
Datanglah, ya Roh Kudus! Datanglah, melalui doa-doa yang berkuasa dari Hati Maria Tak Bernoda, mempelai-Mu yang amat Engkau kasihi!

*

7) DOA KEPADA ROH KUDUS UNTUK GEREJA

Ya Roh Kudus, Roh Pencipta, limpahkanlah karunia-Mu bagi Gereja Katolik; demi kuasa surgawi-Mu buatlah ia kuat dan kokoh dalam menghadapi serangan musuh-musuhnya, dan perbaharuilah dalam kasih dan rahmat roh-roh para pelayan-Mu yang telah Engkau urapi, supaya mereka boleh memuliakan-Mu bersama dengan Bapa dan Putera Tunggal-Nya, Yesus Kristus Tuhan kami. Amin.

*

8) YA ROH KUDUS

Ya Roh Kudus, Pelawat yang manis atas hatiku, tinggallah di dalam aku, dan buatlah aku selamanya tinggal di dalam Engkau. Amin.

*

9) DOA BAGI KESATUAN IMAN
(Raccolta #277)

Ya Roh Kudus, Roh Kebenaran, datanglah ke dalam hati kami; pancarkanlah terang-Mu yang gemilang ke atas bangsa-bangsa, supaya mereka dapat menyenangkan Engkau dalam kesatuan iman. Amin.

*

10) SERUAN KEPADA ROH KUDUS
(Untuk didaraskan setelah Misa atau Komuni)

Cahaya akal budi, terangilah aku
Api Ilahi di dalam hati, kobarkanlah aku
Kepenuhan jiwa-jiwa, penuhilah aku
Tuhan segala rahmat dan kehidupan, hidupilah aku
Dalam lembah duka ini, pandulah aku
Dalam kelemahanku, kuatkanlah aku
Dari kesalahan dan kejatuhan, bebaskanlah aku
Dengan Karunia Ilahi-Mu, luapilah aku
Dengan Keberadaan-Mu, hiburlah aku
Melalui karya Ilahi-Mu, kuduskanlah aku
Menjadi Yesusku, ubahlah aku
Dan ke dalam kemuliaan-Mu, bawalah aku
Supaya, setelah aku setia selama di bumi,
aku boleh mengalami kebahagiaan kekal di Surga, dalam pancaran sempurna dari kasih-Mu.
Amin.
Semoga rahmat Roh Kudus menerangi hati kita dan menyegarkan kita dengan manisnya kasih yang sempurna!
Ya Kasih yang tak berkesudahan, aku mengasihi Engkau; kuatkanlah dan lipatgandakan kasihku!
Ya Roh Kudus, Pelawat yang manis atas hatiku, tinggallah di dalam aku, dan buatlah aku selamanya tinggal di dalam Engkau. Amin.

*

11) DOA KEPADA ROH KUDUS
(Beata Miriam dari Yesus Kristus yang Tersalib)

Roh Kudus, ilhamilah aku
Kasih Allah, penuhilah aku
Di dalam jalan yang benar, pimpinlah aku
Maria bundaku, pandanglah aku
Dengan Yesus, berkatilah aku
Dari segala kejahatan, dari segala tipu daya,
Dari segala bahaya, lindungilah aku.

*

12) API ROH KUDUS
(Santa Hildegard dari Bingen, 1098-1179)

Api Roh Kudus, kehidupan dari hidup segala makhluk,
jalinan kekudusan, ikatan alam semesta,
gemerlap kasih, terang kemurnian,
cita rasa manis bagi pendosa —
sertailah kami dan dengarkanlah kami.

Perancang segala sesuatu,
cahaya yang telah bangkit,
kunci keselamatan,
kebebasan dari penjara gelap,
harapan segala bangsa, kemegahan kasih,
sukacita dalam kemuliaan dan hormat —
sertailah kami dan dengarkanlah kami.

*

13) KELUHAN KEPADA ROH KUDUS

Ya Roh Kudus, Penghibur yang lemah lembut, jiwaku mengeluh kepada-Mu! Hatiku haus akan Engkau! Hanya Engkaulah yang dapat mengenyangkan kerinduanku; hanya Engkau yang dapat membahagiakan aku. Janganlah Engkau menolak, Ya Mempelai Ilahi, tempat tinggal di dalam hatiku.
Hatiku tidak bersih, namun Engkau dapat memurnikannya.
Hatiku gelap, namun Engkau dapat meneranginya.
Hatiku sedih, namun Engkau dapat menghiburnya.
Hatiku lemah, namun Engkau dapat menguatkannya.
Hatiku dingin, namun Engkau dapat mengobarkannya.
Hatiku melekat pada keduniawian, namun Engkau dapat memenuhinya dengan keinginan akan surga.
Hatiku penuh dosa, namun Engkau dapat menghiasnya dengan kebajikan.
Hatiku tidak setia dan tersesat, namun Engkau dapat membuatnya patuh.

Datanglah, ya Roh Kudus, Bapa dari kaum miskin, datanglah dan penuhilah aku dengan kasih-Mu. Amin.
Bapa, ya Bapa, utuslah Sang Penghibur yang telah dijanjikan! Demi Kristus, Tuhan kami. Amin.

*

14) DOA SANTA GERTRUDE

Segala hormat dan kemuliaan bagi-Mu, ya Roh Kudus yang termanis, yang maha penghibur, yang tersejuk, yang terlembut, yang maharahim, yang maha pemurah. Ya Penghibur termanis bagi jiwa-jiwa beriman, penuhilah hati kami dengan tujuh rahmat dan karunia-Mu. Amin.

*

15) DATANGLAH YA ROH PENCIPTA (VENI CREATOR SPIRITUS)
(Puji Syukur 565)
(Indulgensi sebagian jika doa ini didaraskan atau dinyanyikan sebagai himne. Indulgensi penuh apabila didaraskan atau dinyanyikan pada tanggal 1 Januari atau Hari Raya Pentakosta)

Datanglah ya Roh pencipta
Hati kami kunjungilah
Penuhilah dengan rahmat-Mu
jiwa kami ciptaan-Mu

Kau digelari Penghibur,
karunia Allah yang luhur
Kau hidup, Api dan Kasih
dan pengurapan Ilahi

Dikau Sapta Karunia
dan tangan kanan Ilahi
Engkau yang Bapa janjikan
Kau pergandakan bahasa

Sinari hati umat-Mu
dan curahkanlah cinta-Mu
Semoga Dikau kuatkan
yang rapuh dalam tubuhnya

Halaulah musuh umat-Mu
Berilah kami damai-Mu
Agar dengan tuntunan-Mu
Kami hindarkan yang jahat

Buatlah kami mengenal
serta mengimani terus
Bapa dan Putra yang Tunggal
dan Engkau Roh keduanya

Dipujilah Allah Bapa
dan Putra yang sudah bangkit
serta Roh Kudus Penghibur
kini dan sepanjang masa
Amin.

V. Utuslah Roh-Mu, maka semuanya akan dijadikan lagi.
R. Dan Engkau akan membaharui muka bumi.

Marilah berdoa:
Ya Allah, Engkau yang mengajar hati umat-Mu dengan penerangan Roh Kudus: berilah kami dengan perantaraan Roh Kudus kebijaksanaan yang sejati serta karunia selalu merasa gembira atas penghiburan-Nya. Dengan pengantaraan Tuhan kami Yesus Kristus Putera-Mu, yang bersama Dikau hidup dan berkuasa dalam persatuan dengan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

*

VERSI BAHASA LATIN:

Veni, creator Spiritus
mentes tuorum visita
imple superna gratia
quae tu creasti pectora.

Qui diceris Paraclitus,
altissimi donum Dei,
fons vivus, ignis, caritas
et spiritalis unctio.

Tu septiformis munere,
digitus paternae dexterae
tu rite promissum Patris
sermone ditans guttura.

Accende lumen sensibus,
infunde amorem cordibus,
infirma nostri corporis,
virtute firmans perpeti.

Hostem repellas longius
pacemque dones protinus;
ductore sic te praevio
vitemus omni tempore.

Deo Patri sit gloria,
et Filio qui a mortuis
Surrexit, ac Paraclito,
in saeculorum saecula.
Amen.

V. Emitte Spiritum tuum, et creabuntur:
R. Et renovabis faciem terrae.

Oremus:
Deus, qui corda fidelium Sancti Spiritus illustratione docuisti: da nobis in eodem Spiritu recta sapere, et de eius semper consolatione gaudere. Per Dominum nostrum Jesum Christum, Filium tuum, qui tecum vivit et regnat in unitate eiusdem Spiritus Sancti Deus. Per omnia saecula saeculorum. Amen.

*
Artikel diambil dari FB Gereja Katolik

—Servus Veritatis—

Tidak ada komentar:

Posting Komentar