Jumat, 02 Oktober 2015

MARI BERDOA ROSARIO

"Berdoalah Rosario setiap hari, agar kalian memperoleh perdamaian untuk dunia dan berakhirnya peperangan"
-Pesan Santa Perawan Maria, Fatima 13 Mei 1917-


Doa Rosario adalah Doa Keluarga dan Perdamaian Dunia  (Paus Yohanes Paulus 2).
Mengapa Bulan Oktober ditetapkan sebagai bulan Rosario.
Penetapan bulan Oktober sebagai bulan Rosario, berkaitan dengan peristiwa yang terjadi ketika pertempuran di Lepanto pada tahun 1571, di mana negara- negara Eropa diserang oleh kerajaan Ottoman yang menyerang agama Kristen. 
Terdapat ancaman genting saat itu, bahwa agama Kristen akan terancam punah di Eropa. 
Jumlah pasukan Turki telah melampaui pasukan Kristen di Spanyol. Menghadapi ancaman ini, Don Juan dari Austria, komandan armada Katolik, berdoa rosario memohon pertolongan Bunda Maria.
Demikian juga, umat Katolik di seluruh Eropa berdoa rosario untuk memohon bantuan Bunda Maria di dalam keadaan yang mendesak ini.
Pada tanggal 7 Oktober 1571, Paus Pius V yang memimpin Gereja pada waktu itu, meminta seluruh Gereja berdoa dengan menggunakan rosario kepada Bunda Maria untuk membantu tentara Kristen.

Sejak subuh sampai petang, doa rosario tidak berhenti didaraskan di Roma untuk mendoakan pertempuran di Lepanto. Walaupun nampaknya mustahil, namun pada akhirnya pasukan Katolik menang pada tanggal 7 Oktober. 
Kemudian, Paus Pius V menetapkan peringatan Rosario dalam Misa di Vatikan setiap tanggal 7 Oktober. 
Kemudian penerusnya, Paus Gregorius XIII, menetapkan tanggal 7 Oktober itu sebagai Hari Raya Rosario Suci.

Doa Rosario merupakan ringkasan Injil, umat beriman diajak untuk merenungkan sejarah keselamatan umat manusia, yang diringkas dalam peristiwa gembira, peristiwa sedih, preistiwa mulia dan peristiwa terang  bersama dengan Bunda Maria sekaligus meneladani iman dan ketaatan Maria dalam menerima dan menjalankan kehendak Tuhan. Oleh sebab itu ,dengan meneladani iman dan ketaatan Bunda Maria tersebut umat beriman semakin dapat memberikan kesaksian iman dalam kehidupan sehari hari.

MANFAAT DOA ROSARIO.
1. Dengan ber Doa Rosario kita dapat mengikuti Bunda Maria yang rendah hati, yang selalu Ya untuk mengikuti kehendak Allah.
2. Doa Rosario membawa kita untuk lebih mengenal misi Yesus Kristus mewartakan kasih Allah kepada dunia ini.
3. Doa Rosario dapat meredakan dan memperlemah gejolak emosi dr duniawi seperti keserakahan, dendam, emosi dalam jiwa, yang tidak sesuai dengan kehendak Allah.
4. Doa Rosario menghasilkan kedamaian, kerendahan hati dan sikap bersyukur apa yang sedang kita alami, serta keyakinan bahwa Bunda Maria tidak akan meninggalkan kita bila sedang dalam kesulitan.
5. Doa Rosario menjadi sarana untuk melakukan silih atas segala dosa terhadap Allah dan sesamanya.
6. Doa Rosario membantu kita memperoleh segala macam rahmat dan anugerah Allah yg dicurahkan pada kita.
7. Doa Rosario memberikan keyakinan yang lebih dalam akan kasih dan rahmat Allah yang telah diberikan kepada kita.
8. Doa Rosario adalah perenungan tentang karya penyelamatan umat manusia, mulai dari terkandungnya Putera Allah dalam rahim St. Maria sampai kebangkitanNya, naik ke surga dan menyertai umatNya melalui Roh Kudus.
9. Doa Rosario sangat dianjurkan bagi para umat katolik oleh para Santo/Santa dan para Paus, karena sangat bermanfaat untuk silih dan menghapus dosa-dosa sebelumnya.
( 9 Manfaat Doa Rosario dikutip dari Buku Doa Rosario)
MENGAPA KITA MENGHORMATI MARIA?
1. Karena Maria adalah Ibu dari  Yesus Kristus yang telah turun ke dunia dan dikandung olehnya sebagai pengantara antara Allah dengan manusia. Dia datang untuk menjelaskan maksud dan tujuan BapaNya yang telah menciptakakan dunia dan isinya, supaya manusia yang telah dibuat seperti dirinya dapat menikmati karyaNya.
2. "Maria yang dikandung tanpa dosa" sejak awal hidupnya, karena Allah telah mempersiapkannya sebagai pengantara antara Allah dengan manusia. Maria adalah buah karya Allah yang agung.
3. Segala hormat dan pujian akan kemuliaan yang kita berikan kepada Bunda Maria, karena ketaatan dirinya menerima kemuliaan Allah, padahal itu adalah penderitaan yang dialaminya.
(dikutip dari buku DOA ROSARIO)


15 JANJI BUNDA MARIA BAGI MEREKA YANG SETIA BERDOA ROSARIO

1. Mereka yang dengan setia mengabdi padaku dengan mendaraskan Rosario, akan menerima rahmat-rahmat yang berdaya guna.
2. Aku menjanjikan perlindungan istimewa dan rahmat-rahmat terbaik bagi mereka semua yang mendaraskan Rosario.
3. Rosario akan menjadi perisai ampuh melawan neraka. Rosario melenyapkan sifat-sifat buruk,mengurangi dosa dan menaklukkan kesesatan.
4. Rosario akan menumbuhkan keutamaan-keutamaan dan menghasilkan buah dari perbuatan-perbuatan baik. Rosario akan memperolehkan bagi jiwa belas kasihan melimpah dari Allah, akan menarik jiwa dari cinta akan dunia dan segala kesia-siaannya, serta mengangkatnya untuk mendamba hal-hal abadi. Oh, betapa jiwa-jiwa akan menguduskan diri mereka dengan sarana ini.
5. Jiwa yang mempersembahkan dirinya kepadaku dengan berdoa Rosario tidak akan binasa.
6. Ia yang mendaraskan Rosario dengan khusuk,dengan merenungkan misteri-misterinya yang suci, tidak akan dikuasai kemalangan. Tuhan tidak akan menghukumnya dalam keadilan-Nya, ia tidak akan meninggal dunia tanpa persiapan; jika ia tulus hati, ia akan tinggal dalam keadaan Rahmat dan layak bagi kehidupan kekal.
7. Mereka yang memiliki devosi sejati kepadaRosario tidak akan meninggal dunia tanpa menerima sakramen-sakramen Gereja.
8. Mereka yang dengan setia mendaraskan Rosario, sepanjang hidup mereka dan pada saat ajal mereka, akan menerima Terang Ilahi dan Rahmat Tuhan yang berlimpah; pada saat ajal, mereka akan ikut menikmati ganjaran seperti Para Kudus di Surga.
9. Aku akan membebaskan mereka, yang setia berdevosi Rosario, dari api penyucian.
10. Putera-Puteri Rosario yang setia akan diganjari tingkat Kemuliaan yang tinggi di Surga.
11. Kalian akan mendapatkan segala yang kalian minta dari pada Ku dengan mendaraskan Rosario.
12. Aku akan menolong mereka semua yang menganjurkan Rosario Suci dalam segala kebutuhan mereka.
13. Aku mendapatkan janji dari Putra Ilahi Ku bahwa segenap penganjur Rosario akan mendapat perhatian surgawi secara khusus sepanjang hidup mereka dan pada saat ajal.
14. Mereka semua yang mendaraskan Rosario adalah anak-anak Ku, saudara dan saudari Putra Tunggalku, Yesus Kristus.
15. Devosi kepada Rosario Ku merupakan Pratanda Keselamatan yang Luhur.

Semoga pertolongan doa Bunda Maria pun selalu menyertai kita sekalian. Marilah kita semakin tekun berdoa Rosario, dan juga mengikuti Misa Kudus, untuk menerima Kristus melalui santapan Tubuh dan Darah-Nya setiap hari, amin
Selamat memasuki bulan Rosario, Tuhan Yesus memberkati.
Per Mariam ad Iesum...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar